Profil PKM

PROFIL PUSKESMAS JEURAM TAHUN 2008

  1. A. Gambaran Umum Dan Latar Belakang Puskesmas Perawatan Jeuram

Pusat Kesehatan Masyarakat  ( Puskesmas ) diartikan sebagai suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan menyeluruh adalah pelayanan kesehatan yang meliputi

  1. Promotif (penyuluhan kesehatan),
  2. Preventif (pencegahan),
  3. Kuratif (penyembuhan penyakit)
  4. Rehabilitatif (pemulihan kesehatan) dan ditujukan untuk semua golongan umur dan jenis kelamin.

Dengan kata lain puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Wilayah kerja puskesmas meliputi satu kecamatan atau sebagian dari kecamatan. Faktor kepadatan penduduk, luas daerah, keadaan geografik dan keadaan infrastruktur lainnya merupakan bahan pertimbangan dalam menentukan wilayah kerja puskesmas.

Puskesmas merupakan perangkat Pemerintah Daerah Tingkat II, sehingga pembagian wilayah kerja puskesmas ditetapkan oleh Bupati atau Walikota, dengan saran teknis dari kepala Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota. Sasaran penduduk yang dilayani oleh sebuah puskesmas rata-rata 30.000 penduduk setiap puskesmas. Untuk perluasan jangkauan pelayanan kesehatan maka puskesmas perlu ditunjang dengan unit pelayanan kesehatan yang lebih sederhana yanng disebut puskesmas pembantu, puskesmas keliling dan bidan desa. Wilayah kerja Puskesmas Jeuram telah ditetapkan berada di Kecamatan Seunagan.

Dalam Otonomi Daerah saat ini, puskesmas berperan sebagai institusi pelaksana teknis, dituntut memiliki kemampuan manajerial dan wawasan jauh ke depan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Peran tersebut ditunjukkan dalam bentuk ikut serta menentukan kebijakan daerah melalui sistem perencanaan yang matang dan realistis, tatalaksana kegiatan yang tersusun rapi, serta sistem evaluasi dan pemantauan yang akurat. Rangkaian manajerial tersebut bermanfaat dalam penentuan skala prioritas daerah dan sebagai bahan kesesuaian dalam menentukan RAPBD yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat. Adapun ke depan, puskesmas juga dituntut berperan dalam pemanfaatan teknologi informasi terkait upaya peningkatan pelayanan kesehatan secara komprehensif dan terpadu.

Puskesmas Jeuram terletak di desa Parom Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Puskesmas ini mempunyai wilayah kerja 35 desa yang ada di Kecamatan Seunagan . Jarak dari Puskesmas ke Ibukota kabupaten Nagan Raya lebih kurang 10 km. Sedangkan luas wilayah kerja Puskesmas sekitar 8 km2.

Batas wilayah kerja Puskesmas Jeuram yaitu:

–          sebelah utara : Kecamatan Seunagan Timur

–          sebelah selatan : Desa Cot Peuradi, Desa Blang Sapek

–          sebelah timur : Kecamatan Beutong

–          sebelah barat : Kabupaten Aceh Barat

Untuk perhubungan dari Puskesmas ke ibukota Kabupaten dapat ditempuh dengan jalan tanpa hambatan, sedangkan hubungan antara Puskesmas dengan desa-desa di wilayah kerja Puskesmas Jeuram cukup lancar. Hanya beberapa desa yang sulit dijangkau terutama di musim hujan.

Letak Geografis :

Puskesmas Jeuram berdiri tahun 1963 dengan luas bangunan kurang lebih 200 m2, ditambah enam unit rumah dinas untuk dokter dan paramedis sehingga luas seluruhnya mencakup kurang lebih 450 m2. Lokasi Puskesmas Jeuram berada di Jalan Kesehatan No. 1 Gampong Parom, Kecamatan Seunagan. Dengan Akses kejalan Nasional lebih kurang ± 500 meter………. bersambung…

Profil lengkap Puskesmas Jeuram tahun 2008 dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: