Sulitnya mengubah perilaku masyarakat

Program prmosi kesehatan merupakan salah satu program unggulan di Puskesmas Jeuram. Ada 42 desa di wilayah kerja PKM Jeuram. Alhamdulillah untuk tahun anggaran 2007 telah dilakukan penyuluhan ke setiap desa masing2 dua kali putaran. Pada penyuluhan pertama, materi yang dibawakan adalah Demam Berdarah dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Saat itu memang tengah mewabah Demam Berdarah. Penyuluhan tahap 2 tentang ASI Eksklusif dan tuberkulosis.

Walau respon masyarakat yang kadang apatis dan tak partisipatif, namun petugas Promkes tak hilang akal ataupun putus semangat mengadapinya. Penyuluhan dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menarik masyarakat. Presentasi dalam bentuk power point, ada pemutaran film, konsumsi masyarakat yang datang disediakan dan disertai pengobatan massal bila penyuluhannya dilakukan pagi atau sore hari.

Mengharap perubahan yang cepat dari perilaku masyarakat yang merugikan kesehatan ke perilaku hidup bersih dan sehat, sama dengan mengharap turunnya hujan di musim kemarau. Bisa saja berubah cepat, namun sepertinya sulit untuk seperti itu. Merubah perilaku berarti harus merubah pola pikir masyarakat. Pola pikir hanya akan berubah bila informasi yang diperoleh membekas dihati dan bahkan harus berulang-ulang.

7 Tanggapan

  1. seharusnya untuk mengubah prilaku masyarakat bukan semata – mata tugas dari pet kes,namun diperlukan kerjasama lintas program dan lintas sektor terkait.terutama tokoh – tokoh yang mempunyai pengaruh yang besar di masyarakat.kesadaran masyarakat untuk pencegahan penyakit masih sangat kurang ketika masalah sudah terjadi/sakit baru merasa hal tersebut ternyata sebuah masalah yang serius dan harus segera di cari jalan keluarnya.

  2. Untuk merubah prilaku masyarakat harusnya dimulai dari diri sendiri/petugas kesehatan sendiri. kebiasaan masyarakat cenderung melihat bukti nyata daripada sekedar wacana.alangkah baiknya tokoh – tokoh yang berpengaruh ikut andil terjun langsung ke lapangan untuk melihat secara nyata kondisi nyata bagaimana status kesehatan masyarakat sekaligus ikut berpartisipasi mencari solusinya.

  3. Setuju sekali…

  4. memang tepat, proses perubahan disebuah komunitas masyarakat menuntut adanya sebuah kerja ekstra dari siapa saja yang care dengan hal-hal urgent untuk masyarakat itu sendiri.

    Karena belum ada sebuah indikator yang tegas untuk menyebut masyarakat tersebut telah dewasa ataukah tidak, tapi seiring waktu dan perjuangan yang tidak henti, batu pun bisa terlobangi hanya oleh tetes kecil air yang terus-menerus.

    salam persaudaraan

  5. jangan menyerah teman, memang…menjadi sehat adalah tanggung jawab semua orang tidak hanya petugas kesehatan dan masyarakat biasanya mau bergerak dan ambil keputusan jika sudah mengalaminya alias telat. lakukan pendekatan persuasif mungkin agak menarik simpati.

  6. Do you remember me? Saya pikir jeuram sudah banyak kemajuan dalam membuat promosi kesehatan. Selamat berjuang….

  7. setidaknya saya bisa ngintip dikit-dikit walau akhirnya menjadi banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: