Puskesmas = rumah sakit ??

Kebanyakan masyarakat masih menyamakan antara puskesmas dan rumah sakit. Puskesmas diibaratkan sebagai rumah sakit mini dengan fasilitas yang terbatas dibandingkan dengan rumah sakit. Kebanyakan orang berkunjung ke puskesmas untuk berobat sebagaimana di rumah sakit. Kita tidak bisa menyalahkan mesyarakat berpendapat seperti itu karena secara umum citra dan penampakan puskesmas mirip rumah sakit. Padahal keduanya memiliki entitas dan substansi yang berbeda.

Puskesmas = pusat kesehatan masyarakat. Bukan pusat “kesakitan” seperti rumah sakit dimana orang sakit akan pergi berobat kesana. Sebagai pusat kesehatan puskesmas berfungsi menyehatkan masyarakat dan menyehatkan orang sakit. Puskesmas harus mengusahakan agar orang sehat tetap sehat. Salah satu tolok ukur keberhasilan puskesmas adalah menurunnya angka kesakitan dan kematian.

Wajar apabila masyarakat masih menganggap sama puskesmas dan rumah sakit. Institusi puskemas mungkin belum menampilkan brand image sebagai puskesmas, pengetahuan masyarakat yang masih kurang tentang apa itu puskesmas, dan mungkin masih diantara staf puskesmas yang mencitrakan puskesmas sebagai rumah sakit.

Kita berharap semoga kedepan puskesmas bisa memberikan sumbangsih yang optimal dalam menyehatkan masyarakat dan menjadi pemeran utama dalam dunia kesehatan nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: